RPPM UNTUK ORANGTUA
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Salam Sejahtera Buat Kita Semua
Minggu ke 14 ini Tema
Bermain Kita bersama Ananda Di Rumah adalah : “Binatang “ dengan Sub
Tema “Binatang Buas / Binatang Liar”
Melalui Tema ini kita dapat mengembangkan :
•
Mengenal ciptaan Tuhan
•
Melaksanakan Kegiatan beribadah
dibimbing orang dewasa
•
Pengembangan Motorik kasar
•
Pengembangan Motorik Halus
•
Menganal bilangan
•
Menyajikan berbagai karya yang
berhubungan dengan lingkungan alam (hewan)
•
Cara membereskan mainan
•
Perilaku mandiri
•
Mampu Menceritakan kembali apa yang
sudah didengarnya.
•
Mengenal hubungan bunyi dan huruf
•
Menampilkan seni suara
•
Menampilkan karya tangan
Kegiatan
yang bisa dipilih minggu ke 14 ini
adalah :
1.
Aku
tahu pencipta binatang buas dan menyebutkan nama binatang buas.
2.
Aku
sudah bisa mengikuti bacaan doa ketika
akan tidur.
3.
Senangnya
bermain dalam lingkaran “praktek meniukan gerakan binatang buas yang ada di
hutan diiringi lagu”
4.
Asyiknya
membuat berbagai macam binatang buas menggunakan plastisin/lainnya.
5.
Aku
bisa menghitung jumlah binatang pada kebun binatang yang kubuat.
6.
Lihatlah,
Aku membuat kebun binatang bersama
dengan ibu/kakak/adik menggunakan peralatan/bahan bekaas/ bahan alam yang ada
di sekitar rumah.
7.
Aku
sennag merapikan kembali benda-benda yang sudah kupergunakan
8.
Senangnya
mencari sendiri alat yang digunakan untuk mengerjakan kegiatan/membuat sesuatu.
9.
Dengarlah
ceritaku tentang bahaya dan manfaat binatang buas/ liar.
10.
Bermain
tebak suara binatang buas dengan Ibu sambil menirukan menulis hurufnya.
11.
Bergembira
menyanyikan lagu “binatang buas”
12.
Lihatlah
lukisanku yang kubuat di atas tanah/pasir
Silahkan dipilih kegiatan bermain yang
akan dilakukan oleh ananda terlebih dahulu. Bunda bisa memilih 1(satu) kegiatan
main untuk 1 (satu) hari.
Jika ananda belum tertarik, bunda
silahkan beri ananda semangat dan berikan dorongan agar anak berminat untuk melakukan
kegiatan pilihan main.
Namun bila ananda menginginkan kegiatan
lain silahkan berikan kesempatan menentukan minatnya agar belajar melalui bermain menjadi
menyenangkan. Tolong amati, foto, videokan atau catat kegiatan bermain ananda
lalu kirim ke Group Kelas untuk Catatan Perkembangan Ananda.
Terima Kasih Ayah/ Bunda.
Wassalamualaikum Warahmatullahi
wabarakatuh
Salam Sejahtera Buat Kita Semua.
Diketahui Oleh
Riau, September 2020
Kepala PAUD/TK
Guru Kelompok B...
RPPM ADMINISTRASI KELAS
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) DARING
BELAJAR DI RUMAH
PAUD – TK...........................................
Semester / Bulan / Minggu : I / Oktober / 14 (Ke Empatbelas)
Tema :
Binatang
Sub Tema : Binatang Buas/Liar
Sub sub
tema : Macam-macam, Manfaat, Bahaya, Makanan, Cara berkembang biak
Kelompok : B (usia 5-6 Tahun )
Aspek Perkembangan |
KD |
Materi
|
Kegiatan Main |
Nilai Agama
dan Moral |
1.2 |
Mengenal ciptaan Tuhan |
Aku tahu
pencipta binatang buas dan menyebutkan nama
binatang buas.
|
3.1-4.1 |
Melaksanakan Kegiatan beribadah
dibimbing orang dewasa |
Aku sudah
bisa mengikuti bacaan doa ketika akan
tidur.
|
|
Fisik Motorik |
3.3-4.3 |
Kemampuan
Motorik Kasar
Kemampuan Motorik
Halus |
Senangnya
bermain dalam lingkaran “praktek meniukan gerakan binatang buas yang ada di
hutan diiringi lagu”
|
Asyiknya
membuat berbagai macam binatang buas menggunakan plastisin/lainnya. |
|||
Kognitif |
3.6-4.6 |
Mengenal bilangan
|
Aku bisa
menghitung jumlah binatang pada kebun binatang yang kubuat. |
3.8-4.8 |
Mengenal
lingkungan alam (hewan) |
Lihatlah,
Aku membuat kebun binatang bersama
dengan ibu/kakak/adik menggunakan peralatan/bahan bekaas/ bahan alam yang ada
di sekitar rumah.
|
|
Sosial
Emosional |
2.12
2.8 |
Cara
merapikan/ membereskan mainan pada tempat semula
|
Aku senang
merapikan kembali benda-benda yang sudah kupergunakan
|
Cara memilih
sesuatu tanpa harus dibantu. |
Senangnya
mencari sendiri alat yang digunakan untuk mengerjakan kegiatan/membuat
sesuatu.
|
||
Bahasa |
3.10-4.10 |
Menceritakan
kembali apa yang sudah didengarnya. |
Dengarlah
ceritaku tentang bahaya dan manfaat binatang buas/liar
|
|
3.12-4.12 |
Hubungan
bunyi dan huruf |
Bermain tebak
suara binatang buas dengan Ibu sambil menirukan menulis huruf dari suara yang
ditirukan.
|
Seni |
3.15-4.15 |
Menampilkan seni suara |
Bergembira
menyanyikan lagu “binatang buas”
|
Menampilkan karya tangan |
Lihatlah
lukisanku yang kubuat di atas tanah/pasir
|
Riau,
Oktober 2020
Mengetahui Guru Kelompok B
Kepala PAUD - TK
UNTUK MENDAPATKAN FORMATNYA LENGKAP UNDUH RPPM MINGGU KE 14 DENGAN CARA KLIK DISINI
Asalamualaikum Bundanani, salam kenal saya Sumarni dari tangerang, trimksh berbagi ilmunya
ReplyDeleteAssalamualaikum Bundanani, salam kenal saya teti dari cianjur, twrimakasih banyak ya ilmunya, sangat membantu dan bermanfaat, semoga berkah
ReplyDeleteAssalamualaikum bundadani, Salam kenal saya Nina dari Mamuju sulawesi Barat, terima kasih ilmunya, sangat menginspirasi dan sangat bermanfaat, dapat memberikan referensi yang Luar biasa untuk dijadikan sebagai tuntunan dalam membuat RPPM PAUD... Jaya
ReplyDelete