Thursday, October 1, 2020

RPPM MINGGU 12 TEMA BINATANG SUBTEMA BINATANG YANG HIDUP DI AIR

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Salam Sejahtera Buat Kita Semua

Minggu ke 12  ini Tema Bermain Kita bersama Ananda Di Rumah adalah : “Binatang “ dengan Sub Tema “Binatang di air  Melalui Tema ini kita dapat mengembangkan  :

      Mengenal ciptaan Tuhan

      Melaksanakan Kegiatan beribadah dibimbing orang dewasa

      Kemampuan Motorik Halus

      Kemampuan Motorik Kasar

      Membiasakan eksploratif

      Mengenal lingkungan alam (hewan)

      Menceritakan kembali apa yang sudah didengar.

      Kegiatan keaksaraan awal

      Perilaku suka membantu

      Menggunakan keinginan dan kebutuhan dengan cara yang tepat

      Menampilkan seni suara

      Menampilkan karya tangan

 

 

Kegiatan yang bisa dipilih minggu ke 12   ini adalah :

 

  1. Alhamdulillah , Aku bisa menyebutkan jenis-jenis binatang sebagai ciptaan Allah.
  2. Aku sudah bisa menirukan bacaan do’a sesudah makan.
  3. Lihatlah Bentuk alat penangkap ikan yang kubuat menggunakan ranting/lidi/benang atau benda-benda lainnya.
  4. Asyiknya melakukan senam pinguin bersama keluarga
  5. Senangnya membersihkan ikan bersama Ibu sebelum di masak sambil menghitung jumlah ikannya.
  6. Aku bisa menyebutkan ciri-ciri binatang yang hidup di air
  7. Dengarlah kembali ceritaku tantang  cara berkembang biak binatang di air setelah mendengar cerita dari Ibu.
  8. Aku bisa menyebutkan binatang di air yang bisa dimakan dan meniru menuliskan nama binatangnya.
  9. Senangnya membereskan peralatan yang digunakan setelah membersihkan ikan.
  10. Aku senang membuat toko/pasar ikan dan bermain jual-beli menggunakan benda-benda yang ada di rumah.
  11. Bergembira menyanyikan lagu “ikan”.
  12. Lihatlah kreasiku membuat bentuk binatang yang hidup di air yang kusukai menggunakan bahan yang ada di rumah dan sekitar.

 

 

 

Silahkan dipilih kegiatan bermain yang akan dilakukan oleh ananda terlebih dahulu. Bunda bisa memilih 1(satu) kegiatan main untuk 1 (satu) hari.

Jika ananda belum tertarik, bunda silahkan beri ananda semangat dan berikan dorongan agar anak berminat untuk melakukan kegiatan pilihan  main.

Namun bila ananda menginginkan kegiatan lain silahkan berikan kesempatan menentukan minatnya  agar belajar melalui bermain menjadi menyenangkan. Tolong amati, foto, videokan atau catat kegiatan bermain ananda lalu kirim ke Group Kelas untuk Catatan Perkembangan Ananda.

Terima Kasih Ayah/ Bunda.

Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Salam Sejahtera Buat Kita Semua.

 

 

Diketahui Oleh                                                                           Riau,,  September  2020

Kepala PAUD/TK                                                                      Guru Kelompok B...

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) DARING

BELAJAR DI RUMAH

PAUD – TK...........................................

Semester / Bulan / Minggu : I / September / 12 (KeSebelas)

 

 

Tema                : Binatang

Sub Tema         : Binatang di Air

Sub sub tema    : Macam-macam Binatang di Air, Kegunaan Binatang di Air, Makanan Binatang di Air,

Ciri-ciri  Binatang di Air, Cara Berkembang Biak Binatang di Air.

Kelompok          : B (usia 5-6 Tahun )

 

Aspek Perkembangan

KD

 

Materi

 

Kegiatan Main

Nilai Agama dan Moral

1.2.

Mengenal ciptaan Tuhan

Alhamdulillah , Aku bisa menyebutkan jenis-jenis binatang sebagai ciptaan Allah.

 

3.1-4.1

Melaksanakan Kegiatan beribadah dibimbing orang dewasa

Aku sudah bisa menirukan bacaan do’a sesudah makan.

 

Fisik Motorik

3.3-4.3

Kemampuan Motorik Halus

 

 

Kemampuan Motorik Keras

Lihatlah Bentuk alat penangkap ikan yang kubuat menggunakan ranting/lidi/benang atau benda-benda lainnya.

 

Asyiknya melakukan senam pinguin bersama keluarga.

Kognitif

2.2

Membiasakan eksploratif

 

Senangnya membersihkan ikan bersama Ibu sebelum di masak sambil menghitung jumlah ikannya

3.8-4.8

Mengenal lingkungan alam (hewan)

Aku bisa menyebutkan ciri-ciri binatang yang hidup di air.

Sosial Emosional

2.9

Perilaku suka membantu

 

Senangnya membereskan peralatan yang digunakan setelah membersihkan ikan.

4.14

Menggunakan keinginan dan kebutuhan dengan cara yang tepat

 

Aku senang membuat toko/pasar ikan dan bermain jual-beli menggunakan benda-benda yang ada di rumah.

Bahasa

3.10-4.10

Menceritakan kembali apa yang sudah didengar.

Dengarlah kembali ceritaku tantang  cara berkembang biak binatang di air setelah mendengar cerita dari Ibu.

 

3.12-4.12

Kegiatan keaksaraan awal

Aku bisa menyebutkan binatang di air yang bisa dimakan dan meniru menuliskan nama binatangnya.

Seni

3.15-4.15

Menampilkan seni suara

Bergembira menyanyikan lagu “ikan”.

Menampilkan karya tangan

Lihatlah kreasiku membuat bentuk binatang yang hidup di air yang kusukai menggunakan bahan yang ada di rumah dan sekitar.

                                                                                                                      Riau,    September 2020

Mengetahui                                                                                                     Guru Kelompok B           

Kepala PAUD - TK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4 comments: