Saturday, January 23, 2021

RPPM MINGGU KE 4 SEMESTER 2 KENDARAAN DI AIR

Salam Sejahtera Buat Kita Semua

Minggu ke 4  ini Tema Bermain Kita bersama Ananda Di Rumah adalah : “Rekreasi “ dengan Sub Tema “Kendaraan di Air”  Melalui Tema ini kita dapat mengembangkan  :

 

 

·         Terbiasa saling menghoramati

·         Melaksanakan Kegiatan beribadah dibimbing orang dewasa

·         Kemampuan Motorik Kasar

·         Kemampuan Motorik Halus

·         Mengenal fungsi dari suatu benda.

·         Menggunakan teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas

·         Cara menghadapi situasi berbeda

·         Cara merencanakan, memilih, memiliki inisiatif untuk belajar atau melakukan sesuatu tanpa harus dibantu atau dengan bantuan seperlunya.

·         Cara menjawab dengan tepat ketika ditanya

·         Menuliskan fikiran meskipun masih terbalik/tidak lengkap.

·         Menampilkan karya tangan

·         Menampilkan aktifitas seni dan seni suara

 

Kegiatan yang bisa dipilih minggu ke 4  ini adalah :

 

1.       Senangnya berdiskusi bersama Ibu mengenai bagaimana cara kendaraan yang bergerak di Air.

2.       Dengarlah, Aku sudah bisa membaca do’a naik kendaraan di Air

3.       Bergembira bermain petak umpet bersama dengan keluarga.

4.       Asyik... Aku bisa menggambar kendaraaan di air yang kuketahui.

5.       Dengarlah, Aku bisa menyebutkan fungsi dari bagian-bagian kendaraan di Air.

6.       Lihatlah Aku bisa menyusun bentuk kendaraan di air menggunakan bahan kertas / karton dengan bentuk-bentuk geometri yang sudah kugunting.

7.       Dengarlah diskusiku dengan Ibu mengenai sikap penumpang saat terjadi sesuatu berbahaya dalam berkendaraan di air.

8.       Aku bisa menyediakan bahan-bahan yang akan kugunakan dalam membuat hasil karya.

9.       Senangnya bermain tebak nama kendaraan di Air bersama dengan Ibu ssambilmelihat gambar / video kendaraan.

10.   Lihatlah, Aku sudah bisa menuliskan nama kendaraan di Air yang ada di ssekitarku atau yang sudah pernah kulihat

11.   Asyiknya menciptakan bentuk pelabuhan / dermaga menggunakan perabotan / peralatan yang ada di rumah.

12.   Senangnya menyanyikan lagu tentang kendaraan di Air yang pernah kudengar.

 

Silahkan dipilih kegiatan bermain yang akan dilakukan oleh ananda terlebih dahulu. Bunda bisa memilih 1(satu) kegiatan main untuk 1 (satu) hari.

Jika ananda belum tertarik, bunda silahkan beri ananda semangat dan berikan dorongan agar anak berminat untuk melakukan kegiatan pilihan  main.

Namun bila ananda menginginkan kegiatan lain silahkan berikan kesempatan menentukan minatnya  agar belajar melalui bermain menjadi menyenangkan. Tolong amati, foto, videokan atau catat kegiatan bermain ananda lalu kirim ke Group Kelas untuk Catatan Perkembangan Ananda.

Terima Kasih Ayah/ Bunda.

Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Salam Sejahtera Buat Kita Semua.

 

Diketahui Oleh                                                                           Riau,          Januari  2021

Kepala PAUD/TK                                                                      Guru Kelompok B...Salam Sejahtera Buat Kita Semua

Minggu ke 4  ini Tema Bermain Kita bersama Ananda Di Rumah adalah : “Rekreasi “ dengan Sub Tema “Kendaraan di Air”  Melalui Tema ini kita dapat mengembangkan  :

 

 

·         Terbiasa saling menghoramati

·         Melaksanakan Kegiatan beribadah dibimbing orang dewasa

·         Kemampuan Motorik Kasar

·         Kemampuan Motorik Halus

·         Mengenal fungsi dari suatu benda.

·         Menggunakan teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas

·         Cara menghadapi situasi berbeda

·         Cara merencanakan, memilih, memiliki inisiatif untuk belajar atau melakukan sesuatu tanpa harus dibantu atau dengan bantuan seperlunya.

·         Cara menjawab dengan tepat ketika ditanya

·         Menuliskan fikiran meskipun masih terbalik/tidak lengkap.

·         Menampilkan karya tangan

·         Menampilkan aktifitas seni dan seni suara

 

Kegiatan yang bisa dipilih minggu ke 4  ini adalah :

 

1.       Senangnya berdiskusi bersama Ibu mengenai bagaimana cara kendaraan yang bergerak di Air.

2.       Dengarlah, Aku sudah bisa membaca do’a naik kendaraan di Air

3.       Bergembira bermain petak umpet bersama dengan keluarga.

4.       Asyik... Aku bisa menggambar kendaraaan di air yang kuketahui.

5.       Dengarlah, Aku bisa menyebutkan fungsi dari bagian-bagian kendaraan di Air.

6.       Lihatlah Aku bisa menyusun bentuk kendaraan di air menggunakan bahan kertas / karton dengan bentuk-bentuk geometri yang sudah kugunting.

7.       Dengarlah diskusiku dengan Ibu mengenai sikap penumpang saat terjadi sesuatu berbahaya dalam berkendaraan di air.

8.       Aku bisa menyediakan bahan-bahan yang akan kugunakan dalam membuat hasil karya.

9.       Senangnya bermain tebak nama kendaraan di Air bersama dengan Ibu ssambilmelihat gambar / video kendaraan.

10.   Lihatlah, Aku sudah bisa menuliskan nama kendaraan di Air yang ada di ssekitarku atau yang sudah pernah kulihat

11.   Asyiknya menciptakan bentuk pelabuhan / dermaga menggunakan perabotan / peralatan yang ada di rumah.

12.   Senangnya menyanyikan lagu tentang kendaraan di Air yang pernah kudengar.

 

Silahkan dipilih kegiatan bermain yang akan dilakukan oleh ananda terlebih dahulu. Bunda bisa memilih 1(satu) kegiatan main untuk 1 (satu) hari.

Jika ananda belum tertarik, bunda silahkan beri ananda semangat dan berikan dorongan agar anak berminat untuk melakukan kegiatan pilihan  main.

Namun bila ananda menginginkan kegiatan lain silahkan berikan kesempatan menentukan minatnya  agar belajar melalui bermain menjadi menyenangkan. Tolong amati, foto, videokan atau catat kegiatan bermain ananda lalu kirim ke Group Kelas untuk Catatan Perkembangan Ananda.

Terima Kasih Ayah/ Bunda.

Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Salam Sejahtera Buat Kita Semua.

 

Diketahui Oleh                                                                           Riau,          Januari  2021

Kepala PAUD/TK                                                                      Guru Kelompok B...



BELAJAR DI RUMAH

PAUD – TK...........................................

Semester / Bulan / Minggu : II / Januari / IV  (Ke Empat)

 

 

Tema                : Rekreasi

Sub Tema         : Kendaraan di Air

Sub sub tema    : Macam-macam kendaraan di Air, nama pengemudi, Bagian-bagian kendaraan di Air, tempat pemberangkatan dan pemberhentian kendaraan.

Kelompok          : B (usia 5-6 Tahun )

 

Aspek Perkembangan

KD

 

Materi

 

Kegiatan Main

Nilai Agama dan Moral

 

1.2

 

Terbiasa saling menghoramati

Senangnya berdiskusi bersama Ibu mengenai bagaimana cara kendaraan yang bergerak di Air.

 

 

3.1-4.1

 

Melaksanakan Kegiatan beribadah dibimbing orang dewasa

Dengarlah, Aku sudah bisa membaca do’a naik kendaraan di Air

 

Fisik Motorik

 

3.3-4.3

 

Kemampuan Motorik Kasar

 

 

Kemampuan Motorik Halus

Bergembira bermain petak umpet bersama dengan keluarga.

 

Asyik... Aku bisa menggambar kendaraaan di air yang kuketahui.

Kognitif

 

3.6-4.6

Mengenl fungsi dari suatu benda.

Dengarlah, Aku bisa menyebutkan fungsi dari bagian-bagian kendaraan di Air.

 

3.9-4.9

 

Menggunakan teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas

 

Lihatlah Aku bisa menyusun bentuk kendaraan di air menggunakan bahan kertas / karton dengan bentuk-bentuk geometri yang sudah kugunting.

Sosial Emosional

 

2.11

 

 

 

2.8

 

 

 

Cara menghadapi situasi berbeda

 

Dengarlah diskusiku dengan Ibu mengenai sikap penumpang saat terjadi sesuatu berbahaya dalam berkendaraan di air.

Cara merencanakan, memilih, memiliki inisiatif untuk belajar atau melakukan sesuatu tanpa harus dibantu atau dengan bantuan seperlunya.

Aku bisa menyediakan bahan-bahan yang akan kugunakan dalam membuat hasil karya.

Bahasa

 

3.10-4.10

 

Cara menjawab dengan tepat ketika ditanya

 

 

Senangnya bermain tebak nama kendaraan di Air bersama dengan Ibu sambilmelihat gambar / video kendaraan..

 

 

 

3.12-4.12

 

Menuliskan fikiran meskipun masih terbalik/tidak lengkap.

 

Lihatlah, Aku sudah bisa menuliskan nama kendaraan di Air yang ada di sekitarku atau yang sudah pernah kulihat.

Seni

 

 

3.15-4.15

 

Menampilkan karya tangan

 

Asyiknya menciptakan bentuk pelabuhan / dermaga menggunakan perabotan / peralatan yang ada di rumah.

 

Menampilkan aktifitas seni dan seni suara

Senangnya menyanyikan lagu tentang kendaraan di Air yang pernah kudengar.

 

                                                                                                                                           

                                                                                                                      Riau,    Januari 2021

Mengetahui                                                                                                     Guru Kelompok B           

Kepala PAUD - TK



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Salam Sejahtera Buat Kita Semua

Minggu ke 4  ini Tema Bermain Kita bersama Ananda Di Rumah adalah : “Rekreasi “ dengan Sub Tema “Kendaraan di Air ”  Melalui Tema ini kita dapat mengembangkan  :

 

·         Menghargai perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia

·         Melaksanakan Kegiatan beribadah dibimbing orang dewasa

·         Kemampuan Motorik Kasar

·         Kemampuan Motorik Halus

·         Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan masalah

·         Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik

·         Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permaianan

·         Menjaga diri sendiri.

·         Menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan

·         Meniru menulis huruf

·         Mengkombinasikan berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai

·         Mengekspresikan  gerakan dengan irama yang bervariasi

 

 

Kegiatan yang bisa dipilih minggu ke 4  ini adalah :

 

1.       Senangnya berdiskusi bersama Ibu mengenai bagaimana cara kendaraan yang bergerak di Air.

2.       Dengarlah, Aku sudah bisa menirukan membaca do’a naik kendaraan di Air

3.       Bergembira bermain petak umpet bersama dengan keluarga.

4.       Asyik... Aku bisa menggambar kendaraaan di air yang kuketahui.

5.       Lihatlah Aku bisa menyusun bentuk kendaraan di air menggunakan bahan kertas / karton dengan bentuk-bentuk geometri yang sudah kugunting bersama dengan Ibu.

6.       Asyik, Aku menggunakan peralatan yang ada di rumah untuk bermain peran mengemudikan kendaraan di Air.

7.       Aku siap menjadi petugas mencari teman saat bermain petak umpet sesuai peraturan.

8.       Dengarlah diskusiku dengan Ibu mengenai sikap penumpang saat terjadi sesuatu berbahaya dalam berkendaraan di air.

9.       Senangnya bermain tebak nama kendaraan di Air bersama dengan Ibu sambilmelihat gambar / video kendaraan.

10.   Lihatlah, Aku sudah bisa meniru menuliskan nama kendaraan di Air yang ada di sekitarku atau yang sudah pernah kulihat.

11.   Asyiknya membuat aksesoris menciptakan bentuk pelabuhan / dermaga menggunakan perabotan / peralatan yang ada di rumah.

12.   Senangnya menyanyikan lagu tentang kendaraan di Air yang pernah kudengar.

 

Silahkan dipilih kegiatan bermain yang akan dilakukan oleh ananda terlebih dahulu. Bunda bisa memilih 1(satu) kegiatan main untuk 1 (satu) hari.

Jika ananda belum tertarik, bunda silahkan beri ananda semangat dan berikan dorongan agar anak berminat untuk melakukan kegiatan pilihan  main.

Namun bila ananda menginginkan kegiatan lain silahkan berikan kesempatan menentukan minatnya  agar belajar melalui bermain menjadi menyenangkan. Tolong amati, foto, videokan atau catat kegiatan bermain ananda lalu kirim ke Group Kelas untuk Catatan Perkembangan Ananda.

Terima Kasih Ayah/ Bunda.

Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Salam Sejahtera Buat Kita Semua.

 

Diketahui Oleh                                                                           Riau,          Januari  2021

Kepala PAUD/TK                                                                      Guru Kelompok A.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) DARING

BELAJAR DI RUMAH

PAUD – TK...........................................

Semester / Bulan / Minggu : II / Januari / IV  (Ke Empat)

 

 

Tema                : Rekreasi

Sub Tema         : Kendaraan di Air

Sub sub tema    : Macam-macam kendaraan di Air, nama pengemudi, Bagian-bagian kendaraan di Air, tempat pemberangkatan dan pemberhentian kendaraan.

Kelompok          : A (usia 4-5 Tahun )

 

Aspek Perkembangan

KD

 

Materi

 

Kegiatan Main

Nilai Agama dan Moral

 

3.2

 

Menghargai perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia

Senangnya berdiskusi bersama Ibu mengenai bagaimana cara kendaraan yang bergerak di Air.

 

 

3.1-4.1

 

Melaksanakan Kegiatan beribadah dibimbing orang dewasa

Dengarlah, Aku sudah bisa menirukan membaca do’a naik kendaraan di Air

 

Fisik Motorik

 

3.3-4.3

 

Kemampuan Motorik Kasar

 

 

Kemampuan Motorik Halus

Bergembira bermain petak umpet bersama dengan keluarga.

 

Asyik... Aku bisa menggambar kendaraaan di air yang kuketahui.

Kognitif

 

3.5-4.5

Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan masalah

Lihatlah Aku bisa menyusun bentuk kendaraan di air menggunakan bahan kertas / karton dengan bentuk-bentuk geometri yang sudah kugunting bersama dengan Ibu.

 

3.9-4.9

 

Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik

 

Asyik, Aku menggunakan peralatan yang ada di rumah untuk bermain peran mengemudikan kendaraan di Air.

Sosial Emosional

 

2.6

 

2.12

 

 

 

Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permaianan.

Aku siap menjadi petugas mencari teman saat bermain petak umpet sesuai peraturan.

Menjaga diri sendiri

Dengarlah diskusiku dengan Ibu mengenai sikap penumpang saat terjadi sesuatu berbahaya dalam berkendaraan di air.

Bahasa

 

3.11-4.11

 

Menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan

 

 

Senangnya bermain tebak nama kendaraan di Air bersama dengan Ibu sambilmelihat gambar / video kendaraan..

 

 

3.12-4.12

 

Meniru menulis huruf

 

Lihatlah, Aku sudah bisa meniru menuliskan nama kendaraan di Air yang ada di sekitarku atau yang sudah pernah kulihat.

Seni

 

 

3.15-4.15

 

Mengkombinasikan berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai

Asyiknya membuat aksesoris gambar saat menciptakan bentuk pelabuhan / dermaga menggunakan perabotan / peralatan yang ada di rumah.

Mengekspresikan  gerakan dengan irama yang bervariasi

Senangnya menyanyikan lagu tentang kendaraan di Air yang pernah kudengar.

 

                                                                                                                                          

                                                                                                                      Riau,    Januari 2021

Mengetahui                                                                                                     Guru Kelompok A           

Kepala PAUD - TK

 

bagI yang mau download RPPM MINGGU KE 4 SEMESTER 2 KENDARAAN DI AIR

klik disini

5 comments:

  1. Assalamualikumwrwb terima kasih bunda untuk semua ilmu yg kami dpt semoga bubda sll diberi kesehatn dan kebagaiaan.aamiin yrb

    ReplyDelete
  2. Bunda nani mohon maaf sebelumnya Harapa kami smg vloc bunda yg minggu ke 5 bisa d bagikn d upload d hari sabtu,semoga berkenan🙏🙏🙏🙏slm persahabatan dr jatim madiun💟

    ReplyDelete
  3. Terimakasi bunda... semoga bunda slalu ada dalam keberkahan dan semoga ilmu yang bunda bagikan menjadi ladang pahala. Aamiin.....

    ReplyDelete
  4. Trims bnyk y Bun doa trbaik tuk bunda nani

    ReplyDelete
  5. ijin copy bun, terimakasih ilmunya..

    ReplyDelete