Salam Sejahtera Buat Kita Semua
Minggu ke 4 ini Tema
Bermain Kita bersama Ananda Di Rumah adalah : “Rekreasi “ dengan Sub
Tema “Kendaraan di Air” Melalui
Tema ini kita dapat mengembangkan :
·
Terbiasa saling menghoramati
·
Melaksanakan Kegiatan beribadah
dibimbing orang dewasa
·
Kemampuan Motorik Kasar
·
Kemampuan Motorik Halus
·
Mengenal
fungsi dari suatu benda.
·
Menggunakan
teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas
·
Cara menghadapi situasi berbeda
·
Cara
merencanakan, memilih, memiliki inisiatif untuk belajar atau melakukan sesuatu
tanpa harus dibantu atau dengan bantuan seperlunya.
·
Cara
menjawab dengan tepat ketika ditanya
·
Menuliskan fikiran meskipun masih
terbalik/tidak lengkap.
·
Menampilkan karya tangan
·
Menampilkan aktifitas seni dan seni
suara
Kegiatan yang bisa dipilih minggu ke 4 ini adalah :
1.
Senangnya
berdiskusi bersama Ibu mengenai bagaimana cara kendaraan yang bergerak di Air.
2.
Dengarlah,
Aku sudah bisa membaca do’a naik kendaraan di Air
3.
Bergembira bermain petak umpet bersama
dengan keluarga.
4.
Asyik... Aku bisa menggambar kendaraaan
di air yang kuketahui.
5.
Dengarlah, Aku bisa menyebutkan fungsi
dari bagian-bagian kendaraan di Air.
6.
Lihatlah Aku bisa menyusun bentuk
kendaraan di air menggunakan bahan kertas / karton dengan bentuk-bentuk
geometri yang sudah kugunting.
7.
Dengarlah diskusiku dengan Ibu mengenai
sikap penumpang saat terjadi sesuatu berbahaya dalam berkendaraan di air.
8.
Aku bisa menyediakan bahan-bahan yang
akan kugunakan dalam membuat hasil karya.
9.
Senangnya
bermain tebak nama kendaraan di Air bersama dengan Ibu ssambilmelihat gambar /
video kendaraan.
10.
Lihatlah, Aku sudah bisa menuliskan
nama kendaraan di Air yang ada di ssekitarku atau yang sudah pernah kulihat
11.
Asyiknya menciptakan bentuk pelabuhan /
dermaga menggunakan perabotan / peralatan yang ada di rumah.
12.
Senangnya
menyanyikan lagu tentang kendaraan di Air yang pernah kudengar.
Silahkan dipilih kegiatan bermain yang akan dilakukan oleh
ananda terlebih dahulu. Bunda bisa memilih 1(satu) kegiatan main untuk 1 (satu)
hari.
Jika ananda belum tertarik, bunda silahkan beri ananda
semangat dan berikan dorongan agar anak berminat untuk melakukan kegiatan
pilihan main.
Namun bila ananda menginginkan kegiatan lain silahkan
berikan kesempatan menentukan minatnya
agar belajar melalui bermain menjadi menyenangkan. Tolong amati, foto,
videokan atau catat kegiatan bermain ananda lalu kirim ke Group Kelas untuk
Catatan Perkembangan Ananda.
Terima Kasih Ayah/ Bunda.
Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Salam Sejahtera Buat Kita Semua.
Diketahui Oleh
Riau, Januari 2021
Kepala PAUD/TK
Guru Kelompok B...
Minggu ke 4 ini Tema
Bermain Kita bersama Ananda Di Rumah adalah : “Rekreasi “ dengan Sub
Tema “Kendaraan di Air” Melalui
Tema ini kita dapat mengembangkan :
·
Terbiasa saling menghoramati
·
Melaksanakan Kegiatan beribadah
dibimbing orang dewasa
·
Kemampuan Motorik Kasar
·
Kemampuan Motorik Halus
·
Mengenal
fungsi dari suatu benda.
·
Menggunakan
teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas
·
Cara menghadapi situasi berbeda
·
Cara
merencanakan, memilih, memiliki inisiatif untuk belajar atau melakukan sesuatu
tanpa harus dibantu atau dengan bantuan seperlunya.
·
Cara
menjawab dengan tepat ketika ditanya
·
Menuliskan fikiran meskipun masih
terbalik/tidak lengkap.
·
Menampilkan karya tangan
·
Menampilkan aktifitas seni dan seni
suara
Kegiatan yang bisa dipilih minggu ke 4 ini adalah :
1.
Senangnya
berdiskusi bersama Ibu mengenai bagaimana cara kendaraan yang bergerak di Air.
2.
Dengarlah,
Aku sudah bisa membaca do’a naik kendaraan di Air
3.
Bergembira bermain petak umpet bersama
dengan keluarga.
4.
Asyik... Aku bisa menggambar kendaraaan
di air yang kuketahui.
5.
Dengarlah, Aku bisa menyebutkan fungsi
dari bagian-bagian kendaraan di Air.
6.
Lihatlah Aku bisa menyusun bentuk
kendaraan di air menggunakan bahan kertas / karton dengan bentuk-bentuk
geometri yang sudah kugunting.
7.
Dengarlah diskusiku dengan Ibu mengenai
sikap penumpang saat terjadi sesuatu berbahaya dalam berkendaraan di air.
8.
Aku bisa menyediakan bahan-bahan yang
akan kugunakan dalam membuat hasil karya.
9.
Senangnya
bermain tebak nama kendaraan di Air bersama dengan Ibu ssambilmelihat gambar /
video kendaraan.
10.
Lihatlah, Aku sudah bisa menuliskan
nama kendaraan di Air yang ada di ssekitarku atau yang sudah pernah kulihat
11.
Asyiknya menciptakan bentuk pelabuhan /
dermaga menggunakan perabotan / peralatan yang ada di rumah.
12.
Senangnya
menyanyikan lagu tentang kendaraan di Air yang pernah kudengar.
Silahkan dipilih kegiatan bermain yang akan dilakukan oleh
ananda terlebih dahulu. Bunda bisa memilih 1(satu) kegiatan main untuk 1 (satu)
hari.
Jika ananda belum tertarik, bunda silahkan beri ananda
semangat dan berikan dorongan agar anak berminat untuk melakukan kegiatan
pilihan main.
Namun bila ananda menginginkan kegiatan lain silahkan
berikan kesempatan menentukan minatnya
agar belajar melalui bermain menjadi menyenangkan. Tolong amati, foto,
videokan atau catat kegiatan bermain ananda lalu kirim ke Group Kelas untuk
Catatan Perkembangan Ananda.
Terima Kasih Ayah/ Bunda.
Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Salam Sejahtera Buat Kita Semua.
Diketahui Oleh
Riau, Januari 2021
Kepala PAUD/TK
Guru Kelompok B...
BELAJAR DI RUMAH
PAUD – TK...........................................
Semester / Bulan / Minggu : II / Januari / IV (Ke Empat)
Tema : Rekreasi
Sub Tema : Kendaraan
di Air
Sub sub tema : Macam-macam kendaraan di Air, nama pengemudi, Bagian-bagian
kendaraan di Air, tempat pemberangkatan dan pemberhentian kendaraan.
Kelompok : B
(usia 5-6 Tahun )
Aspek Perkembangan |
KD |
Materi
|
Kegiatan Main |
Nilai Agama
dan Moral |
1.2 |
Terbiasa saling menghoramati |
Senangnya
berdiskusi bersama Ibu mengenai bagaimana cara kendaraan yang bergerak di
Air.
|
3.1-4.1 |
Melaksanakan Kegiatan beribadah
dibimbing orang dewasa |
Dengarlah,
Aku sudah bisa membaca do’a naik kendaraan di Air
|
|
Fisik Motorik |
3.3-4.3 |
Kemampuan Motorik Kasar
Kemampuan Motorik Halus |
Bergembira
bermain petak umpet bersama dengan keluarga. |
Asyik... Aku bisa
menggambar kendaraaan di air yang kuketahui. |
|||
Kognitif |
3.6-4.6 |
Mengenl
fungsi dari suatu benda. |
Dengarlah,
Aku bisa menyebutkan fungsi dari bagian-bagian kendaraan di Air. |
3.9-4.9 |
Menggunakan
teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas
|
Lihatlah Aku
bisa menyusun bentuk kendaraan di air menggunakan bahan kertas / karton
dengan bentuk-bentuk geometri yang sudah kugunting. |
|
Sosial
Emosional |
2.11
2.8
|
Cara menghadapi
situasi berbeda |
Dengarlah
diskusiku dengan Ibu mengenai sikap penumpang saat terjadi sesuatu berbahaya
dalam berkendaraan di air. |
Cara
merencanakan, memilih, memiliki inisiatif untuk belajar atau melakukan
sesuatu tanpa harus dibantu atau dengan bantuan seperlunya. |
Aku bisa
menyediakan bahan-bahan yang akan kugunakan dalam membuat hasil karya. |
||
Bahasa |
3.10-4.10 |
Cara menjawab
dengan tepat ketika ditanya
|
Senangnya
bermain tebak nama kendaraan di Air bersama dengan Ibu sambilmelihat gambar /
video kendaraan..
|
|
3.12-4.12 |
Menuliskan
fikiran meskipun masih terbalik/tidak lengkap.
|
Lihatlah, Aku
sudah bisa menuliskan nama kendaraan di Air yang ada di sekitarku atau yang
sudah pernah kulihat. |
Seni |
3.15-4.15 |
Menampilkan karya tangan
|
Asyiknya
menciptakan bentuk pelabuhan / dermaga menggunakan perabotan / peralatan yang
ada di rumah. |
Menampilkan aktifitas seni dan seni suara |
Senangnya
menyanyikan lagu tentang kendaraan di Air yang pernah kudengar.
|
Riau, Januari 2021
Mengetahui Guru
Kelompok B
Kepala PAUD - TK
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Salam Sejahtera Buat Kita Semua
Minggu ke 4 ini Tema
Bermain Kita bersama Ananda Di Rumah adalah : “Rekreasi “ dengan Sub
Tema “Kendaraan di Air ” Melalui
Tema ini kita dapat mengembangkan :
·
Menghargai perilaku baik sebagai cerminan akhlak
mulia
·
Melaksanakan Kegiatan beribadah
dibimbing orang dewasa
·
Kemampuan Motorik Kasar
·
Kemampuan Motorik Halus
·
Mengkreasikan
sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan
masalah
·
Menggunakan
benda-benda sebagai permainan simbolik
·
Menaati
aturan yang berlaku dalam suatu permaianan
·
Menjaga
diri sendiri.
·
Menjawab
pertanyaan sesuai pertanyaan
·
Meniru
menulis huruf
·
Mengkombinasikan
berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai
·
Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi
Kegiatan yang bisa dipilih minggu ke 4 ini adalah :
1.
Senangnya
berdiskusi bersama Ibu mengenai bagaimana cara kendaraan yang bergerak di Air.
2.
Dengarlah,
Aku sudah bisa menirukan membaca do’a naik kendaraan di Air
3.
Bergembira
bermain petak umpet bersama dengan keluarga.
4.
Asyik...
Aku bisa menggambar kendaraaan di air yang kuketahui.
5.
Lihatlah
Aku bisa menyusun bentuk kendaraan di air menggunakan bahan kertas / karton
dengan bentuk-bentuk geometri yang sudah kugunting bersama dengan Ibu.
6.
Asyik,
Aku menggunakan peralatan yang ada di rumah untuk bermain peran mengemudikan
kendaraan di Air.
7.
Aku
siap menjadi petugas mencari teman saat bermain petak umpet sesuai peraturan.
8.
Dengarlah
diskusiku dengan Ibu mengenai sikap penumpang saat terjadi sesuatu berbahaya
dalam berkendaraan di air.
9.
Senangnya
bermain tebak nama kendaraan di Air bersama dengan Ibu sambilmelihat gambar /
video kendaraan.
10.
Lihatlah,
Aku sudah bisa meniru menuliskan nama kendaraan di Air yang ada di sekitarku
atau yang sudah pernah kulihat.
11.
Asyiknya
membuat aksesoris menciptakan bentuk pelabuhan / dermaga menggunakan perabotan
/ peralatan yang ada di rumah.
12.
Senangnya
menyanyikan lagu tentang kendaraan di Air yang pernah kudengar.
Silahkan dipilih kegiatan bermain yang akan dilakukan oleh
ananda terlebih dahulu. Bunda bisa memilih 1(satu) kegiatan main untuk 1 (satu)
hari.
Jika ananda belum tertarik, bunda silahkan beri ananda
semangat dan berikan dorongan agar anak berminat untuk melakukan kegiatan
pilihan main.
Namun bila ananda menginginkan kegiatan lain silahkan
berikan kesempatan menentukan minatnya
agar belajar melalui bermain menjadi menyenangkan. Tolong amati, foto,
videokan atau catat kegiatan bermain ananda lalu kirim ke Group Kelas untuk
Catatan Perkembangan Ananda.
Terima Kasih Ayah/ Bunda.
Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Salam Sejahtera Buat Kita Semua.
Diketahui Oleh
Riau, Januari 2021
Kepala PAUD/TK
Guru Kelompok A.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) DARING
BELAJAR DI RUMAH
PAUD – TK...........................................
Semester / Bulan / Minggu : II / Januari / IV (Ke Empat)
Tema : Rekreasi
Sub Tema : Kendaraan
di Air
Sub sub tema : Macam-macam kendaraan di Air, nama pengemudi,
Bagian-bagian kendaraan di Air, tempat pemberangkatan dan pemberhentian
kendaraan.
Kelompok : A
(usia 4-5 Tahun )
Aspek Perkembangan |
KD |
Materi
|
Kegiatan Main |
Nilai Agama dan Moral |
3.2 |
Menghargai
perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia |
Senangnya
berdiskusi bersama Ibu mengenai bagaimana cara kendaraan yang bergerak di
Air.
|
3.1-4.1 |
Melaksanakan
Kegiatan beribadah dibimbing orang dewasa |
Dengarlah,
Aku sudah bisa menirukan membaca do’a naik kendaraan di Air
|
|
Fisik Motorik |
3.3-4.3 |
Kemampuan Motorik Kasar
Kemampuan Motorik Halus |
Bergembira
bermain petak umpet bersama dengan keluarga. |
Asyik... Aku
bisa menggambar kendaraaan di air yang kuketahui. |
|||
Kognitif |
3.5-4.5 |
Mengkreasikan sesuatu sesuai
dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan masalah |
Lihatlah Aku
bisa menyusun bentuk kendaraan di air menggunakan bahan kertas / karton
dengan bentuk-bentuk geometri yang sudah kugunting bersama dengan Ibu. |
3.9-4.9 |
Menggunakan
benda-benda sebagai permainan simbolik
|
Asyik, Aku
menggunakan peralatan yang ada di rumah untuk bermain peran mengemudikan
kendaraan di Air. |
|
Sosial Emosional |
2.6
2.12
|
Menaati
aturan yang berlaku dalam suatu permaianan. |
Aku siap
menjadi petugas mencari teman saat bermain petak umpet sesuai peraturan. |
Menjaga
diri sendiri |
Dengarlah
diskusiku dengan Ibu mengenai sikap penumpang saat terjadi sesuatu berbahaya
dalam berkendaraan di air. |
||
Bahasa |
3.11-4.11 |
Menjawab
pertanyaan sesuai pertanyaan
|
Senangnya
bermain tebak nama kendaraan di Air bersama dengan Ibu sambilmelihat gambar /
video kendaraan..
|
|
3.12-4.12 |
Meniru
menulis huruf
|
Lihatlah, Aku
sudah bisa meniru menuliskan nama kendaraan di Air yang ada di sekitarku atau
yang sudah pernah kulihat. |
Seni |
3.15-4.15 |
Mengkombinasikan berbagai warna ketika menggambar
atau mewarnai |
Asyiknya membuat
aksesoris gambar saat menciptakan bentuk pelabuhan / dermaga menggunakan
perabotan / peralatan yang ada di rumah. |
Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi |
Senangnya
menyanyikan lagu tentang kendaraan di Air yang pernah kudengar.
|
Riau, Januari 2021
Mengetahui Guru
Kelompok A
Kepala PAUD - TK
bagI yang mau download RPPM MINGGU KE 4 SEMESTER 2 KENDARAAN DI AIR
Assalamualikumwrwb terima kasih bunda untuk semua ilmu yg kami dpt semoga bubda sll diberi kesehatn dan kebagaiaan.aamiin yrb
ReplyDeleteBunda nani mohon maaf sebelumnya Harapa kami smg vloc bunda yg minggu ke 5 bisa d bagikn d upload d hari sabtu,semoga berkenan🙏🙏🙏🙏slm persahabatan dr jatim madiun💟
ReplyDeleteTerimakasi bunda... semoga bunda slalu ada dalam keberkahan dan semoga ilmu yang bunda bagikan menjadi ladang pahala. Aamiin.....
ReplyDeleteTrims bnyk y Bun doa trbaik tuk bunda nani
ReplyDeleteijin copy bun, terimakasih ilmunya..
ReplyDelete