Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Salam Sejahtera Buat Kita Semua
Minggu ke 3 ini Tema
Bermain Kita bersama Ananda Di Rumah adalah : “Rekreasi “ dengan Sub
Tema “Kendaraan di darat” Melalui
Tema ini kita dapat mengembangkan :
·
Terbiasa saling menghoramati
·
Melaksanakan Kegiatan beribadah
dibimbing orang dewasa
·
Kemampuan Motorik Kasar
·
Kemampuan Motorik Halus
·
Menyajikan karya yang berhubungan
dengan lingkungan sosial ( alat transportasi) dalam bentuk bercerita
·
Menggunakan
teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas
·
Cara menghadapi situasi berbeda
·
Mengenali
keinginan (cara mengungkapkan apa yang dirasakan)
·
Cara
menjawab dengan tepat ketika ditanya
·
Menuliskan fikiran meskipun masih
terbalik/tidak lengkap.
·
Menampilkan karya tangan
·
Menampilkan aktifitas seni dan seni
suara
Kegiatan yang bisa dipilih minggu ke 3 ini adalah :
1.
Senangnya
berdiskusi bersama Ibu mengenai perilaku yang baik saat di dalam kendaraan
umum.
2.
Dengarlah,
Aku sudah bisa membaca do’a naik kendaraan di darat
3.
Senangnya
bermain tradisional “tam-tam buku” bersama keluarga dengan cara berjalannya
menirukan kereta api.
4.
Asyik...
Aku senang bermain di halam rumahku membuat bentuk jalan untuk kendaraan di
darat.
5.
Dengarlah,
Aku bia menyebutkan nama kendaraan di darat serta tempat pemberhentian dan
pemberangkatannya.
6.
Lihatlah
Aku bisa menyusun bentuk kendaraan di darat menggunakan bahan bekas yang ada di
rumah.
7.
Senangnya
bermain peran dengan tema” suasana dalam kendaraan di darat “ bersssama dengan
keluarga
8.
Dengarlah,
Aku akan menyebutkan nama kendaraan yang belum dan ingin kunaiki.
9.
Senangnya
bermain tebak nama pengemudi masing-masing kendaraan di darat bersama dengan
keluarga.
10.
Lihatlah,
Aku sudah bisa menuliskan nama kendaraan di darat yang pernah kunaiki.
11.
Lihatlah,
Aku bisa melukis membentuk kendaaraan di tanah/pair (halaman)
12.
Senangnya
bernyanyi mobil oplet sambil bertepuk tangan.
Silahkan dipilih kegiatan bermain yang akan dilakukan oleh
ananda terlebih dahulu. Bunda bisa memilih 1(satu) kegiatan main untuk 1 (satu)
hari.
Jika ananda belum tertarik, bunda silahkan beri ananda
semangat dan berikan dorongan agar anak berminat untuk melakukan kegiatan
pilihan main.
Namun bila ananda menginginkan kegiatan lain silahkan
berikan kesempatan menentukan minatnya
agar belajar melalui bermain menjadi menyenangkan. Tolong amati, foto,
videokan atau catat kegiatan bermain ananda lalu kirim ke Group Kelas untuk
Catatan Perkembangan Ananda.
Terima Kasih Ayah/ Bunda.
Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Salam Sejahtera Buat Kita Semua.
Diketahui Oleh
Riau, Januari 2021
Kepala PAUD/TK
Guru Kelompok B...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) DARING
BELAJAR DI RUMAH
PAUD – TK...........................................
Semester / Bulan / Minggu : II / Januari / II (Ke Tiga)
Tema : Rekreasi
Sub Tema : Kendaraan
di Darat
Sub sub tema : Macam-macam kendaraan di darat, nama-nama pengemudi,
tempat pemberangkatan dan pemberhentian kendaraan.
Kelompok : B
(usia 5-6 Tahun )
Aspek Perkembangan |
KD |
Materi
|
Kegiatan Main |
Nilai Agama
dan Moral |
1.2 |
Terbiasa saling menghoramati |
Senangnya
berdiskusi bersama Ibu mengenai perilaku yang baik saat di dalam kendaraan
umum.
|
3.1-4.1 |
Melaksanakan Kegiatan beribadah
dibimbing orang dewasa |
Dengarlah,
Aku sudah bisa membaca do’a naik kendaraan di darat
|
|
Fisik Motorik |
3.3-4.3 |
Kemampuan Motorik Kasar
Kemampuan Motorik Halus |
Senangnya bermain
tradisional “tam-tam buku” bersama keluarga dengan cara berjalannya menirukan
kereta api.
|
Asyik... Aku
senang bermain di halam rumahku membuat bentuk jalan untuk kendaraan di darat. |
|||
Kognitif |
3.7-4.7 |
Menyajikan
karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial ( alat transportasi)
dalam bentuk bercerita |
Dengarlah,
Aku bia menyebutkan nama kendaraan di darat serta tempat pemberhentian dan
pemberangkatannya. |
3.9-4.9 |
Menggunakan
teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas
|
Lihatlah Aku
bisa menyusun bentuk kendaraan di darat menggunakan bahan bekas yang ada di
rumah.. |
|
Sosial
Emosional |
2.11
3.14
|
Cara menghadapi
situasi berbeda |
Senangnya
bermain peran dengan tema” suasana dalam kendaraan di darat “ bersssama
dengan keluarga. |
Mengenali keinginan
(cara mengungkapkan apa yang dirasakan)
|
Dengarlah,
Aku akan menyebutkan nama kendaraan yang belum dan ingin kunaiki. |
||
Bahasa |
3.10-4.10 |
Cara menjawab
dengan tepat ketika ditanya
|
Senangnya
bermain tebak nama pengemudi masing-masing kendaraan di darat bersama dengan
keluarga.
|
|
3.12-4.12 |
Menuliskan
fikiran meskipun masih terbalik/tidak lengkap.
|
Lihatlah, Aku
sudah bisa menuliskan nama kendaraan di darat yang pernah kunaiki. |
Seni |
3.15-4.15 |
Menampilkan karya tangan
|
Lihatlah, Aku
bisa melukis membentuk kendaaraan pada tanah/pasir (halaman) |
Menampilkan aktifitas seni dan seni suara |
Senangnya bernyanyi
mobil oplet sambil bertepuk tangan.
|
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Salam Sejahtera Buat Kita Semua
Minggu ke 3 ini Tema
Bermain Kita bersama Ananda Di Rumah adalah : “Rekreasi “ dengan Sub
Tema “Kendaraan di darat” Melalui
Tema ini kita dapat mengembangkan :
·
Menghargai perilaku baik sebagai cerminan akhlak
mulia
·
Melaksanakan Kegiatan beribadah
dibimbing orang dewasa
·
Kemampuan Motorik Kasar
·
Kemampuan Motorik Halus
·
Mengkreasikan
sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan
masalah
·
Menggunakan
benda-benda sebagai permainan simbolik
·
Mengendalikan
perasaan
·
Menaati
aturan yang berlaku dalam suatu permainan
·
Menjawab
pertanyaan sesuai pertanyaan
·
Meniru
menulis huruf
·
Mengkombinasikan
berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai
·
Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi
Kegiatan yang bisa dipilih minggu ke 3 ini adalah :
1.
Senangnya
berdiskusi bersama Ibu mengenai perilaku yang baik saat di dalam kendaraan
umum.
2.
Dengarlah,
Aku sudah bisa membaca do’a naik kendaraan di darat
3.
Senangnya
bermain tradisional “tam-tam buku” bersama keluarga dengan cara berjalannya
menirukan kereta api.
4. Asyik... Aku senang bermain di halam rumahku membuat bentuk
jalan untuk kendaraan di darat.
5. Lihatlah Aku bisa menyusun bentuk kendaraan di darat menggunakan
bahan bekas yang ada di rumah.
6. Senangnya bermain peran dengan tema” suasana dalam kendaraan
di darat “ bersama dengan keluarga
7.
Dengarlah,
Aku akan menyebutkan nama kendaraan yang belum dan ingin kunaiki.
8. Asyik...Aku senang menjaga gerbang saat bermain tradisional
“tam-tam buku”.
9.
Senangnya
bermain tebak nama pengemudi masing-masing kendaraan di darat bersama dengan
keluarga.
10. Lihatlah, Aku sudah bisa meniru menuliskan nama kendaraan di
darat yang pernah kunaiki.
11. Lihatlah, Aku bisa melukis membentuk kendaaraan di
tanah/pair (halaman).
12.
Senangnya
bernyanyi mobil oplet sambil bertepuk tangan.
Silahkan dipilih kegiatan bermain yang akan dilakukan oleh
ananda terlebih dahulu. Bunda bisa memilih 1(satu) kegiatan main untuk 1 (satu)
hari.
Jika ananda belum tertarik, bunda silahkan beri ananda
semangat dan berikan dorongan agar anak berminat untuk melakukan kegiatan
pilihan main.
Namun bila ananda menginginkan kegiatan lain silahkan
berikan kesempatan menentukan minatnya
agar belajar melalui bermain menjadi menyenangkan. Tolong amati, foto,
videokan atau catat kegiatan bermain ananda lalu kirim ke Group Kelas untuk
Catatan Perkembangan Ananda.
Terima Kasih Ayah/ Bunda.
Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Salam Sejahtera Buat Kita Semua.
Diketahui Oleh
Riau, Januari 2021
Kepala PAUD/TK
Guru Kelompok A.
BELAJAR DI RUMAH
PAUD – TK...........................................
Semester / Bulan / Minggu : II / Januari / II (Ke Tiga)
Tema : Rekreasi
Sub Tema : Kendaraan
di Darat
Sub sub tema : Macam-macam kendaraan di darat, nama-nama pengemudi,
tempat pemberangkatan dan pemberhentian kendaraan.
Kelompok : A
(usia 4-5 Tahun )
Aspek Perkembangan |
KD |
Materi
|
Kegiatan Main |
Nilai Agama
dan Moral |
3.2 |
Menghargai perilaku baik sebagai
cerminan akhlak mulia |
Senangnya
berdiskusi bersama Ibu mengenai perilaku yang baik saat di dalam kendaraan
umum.
|
3.1-4.1 |
Melaksanakan Kegiatan beribadah
dibimbing orang dewasa |
Dengarlah,
Aku sudah bisa membaca do’a naik kendaraan di darat
|
|
Fisik Motorik |
3.3-4.3 |
Kemampuan
Motorik Kasar
Kemampuan
Motorik Halus |
Senangnya
bermain tradisional “tam-tam buku” bersama keluarga dengan cara berjalannya
menirukan kereta api.
|
Asyik... Aku
senang bermain di halam rumahku membuat bentuk jalan untuk kendaraan di
darat. |
|||
Kognitif |
3.5-4.5 |
Mengkreasikan
sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan
masalah |
Lihatlah Aku
bisa menyusun bentuk kendaraan di darat menggunakan bahan bekas yang ada di
rumah.. . |
3.9-4.9 |
Menggunakan
benda-benda sebagai permainan simbolik
|
Senangnya
bermain peran dengan tema” suasana dalam kendaraan di darat “ bersama dengan
keluarga |
|
Sosial
Emosional |
3.13-4.13
2.12
|
Mengendalikan
perasaan |
Dengarlah,
Aku akan menyebutkan nama kendaraan yang belum dan ingin kunaiki. . |
Menaati
aturan yang berlaku dalam suatu permainan |
Asyik...Aku
senang menjaga gerbang saat bermain tradisional “tam-tam buku”. |
||
Bahasa |
3.11-4.11 |
Menjawab
pertanyaan sesuai pertanyaan
|
Senangnya
bermain tebak nama pengemudi masing-masing kendaraan di darat bersama dengan
keluarga.
|
|
3.12-4.12 |
Meniru
menulis huruf
|
Lihatlah, Aku
sudah bisa meniru menuliskan nama kendaraan di darat yang pernah kunaiki. |
Seni |
3.15-4.15 |
Mengkombinasikan
berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai |
Lihatlah, Aku
bisa melukis membentuk kendaaraan pada
tanah/pasir (halaman)
|
Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi |
Senangnya
bernyanyi mobil oplet sambil bertepuk tangan.
|
terima kasih banyak bunda sudah membagikan ilmunya.. sungguh sangat bermanfaat dan membantu.. hanya ALLAH SWT yang bisa membalas kebaikan bunda..
ReplyDeleteJazakillahu Khoir bunda yg sdh membagikan ilmunya,sangat bermanfaat bagi sy pribadi semoga Allah SWT yg membalas kebaikan bunda.
ReplyDeleteMat pagi bun,Saya minta dengan RPPM bun,dan trimakasih buat RPPMnya.
ReplyDelete