Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Salam Sejahtera Buat Kita Semua
Minggu ke 2 ini Tema
Bermain Kita bersama Ananda Di Rumah adalah : “Rekreasi “ dengan Sub
Tema “Manfaat Rekreasi dan Perlengkapan Rekreasi” Melalui Tema ini kita dapat mengembangkan :
·
Menghargai lingkungan
·
Melaksanakan Kegiatan beribadah
dibimbing orang dewasa
·
Kemampuan Motorik
Kasar
·
Kemampuan Motorik
Halus
·
Mengenal bilangan
·
Menggunakan
teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas
·
Cara bertanggung jawab
·
Mengenali
keinginan (cara mengungkapkan apa yang dirasakan)
·
Menceritakan
kembali apa yang sudah didengar.
·
Menuliskan
fikiran meskipun masih terbalik/tidak lengkap.
·
Menjaga
Kerapian diri
·
Menampilkan seni suara
Kegiatan yang bisa dipilih minggu ke 2 ini adalah :
1. Aku bisa menyampaikan bagaimana cara
menjaga lingkungan saat sedang rekreasi.
2. Aku sudah bisa mengulang kembali
membaca do’a akan bepergian
3. Senangnya menirukan gerakan sedang
berenang
4. Lihatlah aku bisa menggambar
perlengkapan rekreasi
5. Senangnya menghitung jumlah peralatan
yang digunakan dalam membuat pakaian rekreasi dan menuliskan angkanya.
6. Lihatlah, aku bisa mencipta bentuk
pakaian yang dipergunakan untuk rekreasi menggunakan bahan bekas yang ada di
rumah.
7. Aku tau bagaimana cara bertanggung
jawab setelah selesai menggunakan peralatan dalam membuat karya.
8. Dengarlah, Aku akan menyebutkan tempat
rekreasi yang belum dan ingin kukunjungi.
9. Aku
bisa menyebutkan perlengkapan yang digunakan untuk rekreasi dan
menyampaikan manfaat rekreasi.
10. Lihatlah, Aku sudah bisa menuliskan
perlengkapan rekreasi yang kukenal.
11. Lihatlah aku bisa menunjukkan cara
berpakaian ketika rekreasi sesuai tempat yang dikunjungi.
12. Senangnya menyanyikan lagu “tamasya”
Silahkan dipilih kegiatan bermain yang akan dilakukan oleh
ananda terlebih dahulu. Bunda bisa memilih 1(satu) kegiatan main untuk 1 (satu)
hari.
Jika ananda belum tertarik, bunda silahkan beri ananda
semangat dan berikan dorongan agar anak berminat untuk melakukan kegiatan
pilihan main.
Namun bila ananda menginginkan kegiatan lain silahkan
berikan kesempatan menentukan minatnya
agar belajar melalui bermain menjadi menyenangkan. Tolong amati, foto,
videokan atau catat kegiatan bermain ananda lalu kirim ke Group Kelas untuk
Catatan Perkembangan Ananda.
Terima Kasih Ayah/ Bunda.
Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Salam Sejahtera Buat Kita Semua.
Diketahui Oleh
Riau, Januari 2021
Kepala PAUD/TK Guru
Kelompok B...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) DARING
BELAJAR DI RUMAH
PAUD – TK...........................................
Semester / Bulan / Minggu : II / Januari / II (Ke dua)
Tema : Rekreasi
Sub Tema : Manfaat
Rekreasi dan Perlengkapan Rekreasi
Sub
sub tema : Manfaat untuk tubuh, Menfaat pengetahuan, Perlengkapan
pakaian, perlengkapan makanan.
Kelompok : B
(usia 5-6 Tahun )
Aspek Perkembangan |
KD |
Materi |
Kegiatan Main |
Nilai Agama
dan Moral |
1.2 |
Menghargai lingkungan |
Aku bisa
menyampaikan bagaimana cara menjaga lingkungan saat sedang rekreasi. |
3.1-4.1 |
Melaksanakan Kegiatan beribadah
dibimbing orang dewasa |
Aku sudah
bisa mengulang kembali membaca do’a akan bepergian |
|
Fisik Motorik |
3.3-4.3 |
Kemampuan
Motorik Kasar Kemampuan
Motorik Halus |
Senangnya menirukan
gerakan sedang berenang |
Lihatlah aku
bisa menggambar perlengkapan rekreasi |
|||
Kognitif |
3.6-4.6 |
Mengenal bilangan |
Senangnya
menghitung jumlah peralatan yang digunakan dalam membuat pakaian rekreasi dan
menuliskan angkanya. |
3.9-4.9 |
Menggunakan
teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas |
Lihatlah, aku
bisa mencipta bentuk pakaian yang dipergunakan untuk rekreasi menggunakan
bahan bekas yang ada di rumah. |
|
Sosial
Emosional |
2.12 3.14 |
Cara
bertanggung jawab |
Aku tau
bagaimana cara bertanggung jawab setelah selesai menggunakan peralatan dalam
membuat karya. |
Mengenali
keinginan (cara mengungkapkan apa yang dirasakan) |
Dengarlah,
Aku akan menyebutkan tempat rekreasi yang belum dan ingin kukunjungi.. |
||
Bahasa |
3.10-4.10 |
Menceritakan
kembali apa yang sudah didengar. |
Aku bisa menyebutkan perlengkapan yang
digunakan untuk rekreasi dan menyampaikan manfaat rekreasi. |
|
3.12-4.12 |
Menuliskan
fikiran meskipun masih terbalik/tidak lengkap. |
Lihatlah, Aku
sudah bisa menuliskan perlengkapan rekreasi yang kukenal. |
Seni |
2.4 3.15-4.15 |
Menjaga Kerapian diri |
Lihatlah aku bisa
menunjukkan cara berpakaian ketika rekreasi sesuai tempat yang dikunjungi. |
Menampilkan seni suara |
Senangnya
menyanyikan lagu “tamasya” |
Riau, Januari
2021
Mengetahui Guru Kelompok B
Kepala PAUD - TK
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Salam Sejahtera Buat Kita Semua
Minggu ke 2 ini Tema
Bermain Kita bersama Ananda Di Rumah adalah : “Rekreasi “ dengan Sub
Tema “Manfaat Rekreasi dan Perlengkapan Rekreasi” Melalui Tema ini kita dapat
mengembangkan :
·
Menghargai lingkungan
·
Melaksanakan Kegiatan beribadah
dibimbing orang dewasa
·
Kemampuan Motorik
Kasar
·
Kemampuan Motorik
Halus
·
Mengenal bilangan
·
Menggunakan
teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas
·
Memahami
peraturan dan disiplin
·
Mengendalikan
perasaan
·
Menceritakan
kembali yang sudah di dengar
·
Meniru
menuliskan huruf
·
Menggunakan
dialog dan perilaku dalam menceritakan sesuatu
·
Memilih
jenis lagu yang disukai
Kegiatan yang bisa dipilih minggu ke 2 ini adalah :
1.
Aku
bisa menyampaikan bagaimana cara menjaga lingkungan saat sedang rekreasi.
2.
Aku
sudah bisa mengulang kembali membaca do’a akan bepergian
3.
Senangnya
menirukan gerakan sedang berenang
4.
Lihatlah
aku bisa menggambar perlengkapan rekreasi
5.
Senangnya
menghitung jumlah peralatan yang digunakan dalam membuat pakaian rekreasi.
6.
Lihatlah,
aku bersama ibu mencipta bentuk pakaian yang dipergunakan untuk rekreasi
menggunakan bahan bekas yang ada di rumah.
7.
Aku
sudah terbiasa merapikan peralatan ketika selesai menggunakannya dalam membuat
karya.
8.
Dengarlah,
Aku akan menyebutkan tempat rekreasi yang belum dan ingin kukunjungi.
9.
Aku berdiskusi bersama Ibu menyebutkan
perlengkapan yang digunakan untuk rekreasi dan menyampaikan manfaat rekreasi.
10.
Lihatlah,
Aku sudah bisa meniru menuliskan perlengkapan rekreasi yang kukenal.
11.
Lihatlah
aku bisa menunjukkan cara berpakaian ketika rekreasi sesuai tempat yang
dikunjungi.
12.
Senangnya
menyanyikan lagu tentang rekreasi yang kusukai
Silahkan dipilih kegiatan bermain yang akan dilakukan oleh
ananda terlebih dahulu. Bunda bisa memilih 1(satu) kegiatan main untuk 1 (satu)
hari.
Jika ananda belum tertarik, bunda silahkan beri ananda
semangat dan berikan dorongan agar anak berminat untuk melakukan kegiatan
pilihan main.
Namun bila ananda menginginkan kegiatan lain silahkan
berikan kesempatan menentukan minatnya
agar belajar melalui bermain menjadi menyenangkan. Tolong amati, foto,
videokan atau catat kegiatan bermain ananda lalu kirim ke Group Kelas untuk
Catatan Perkembangan Ananda.
Terima Kasih Ayah/ Bunda.
Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Salam Sejahtera Buat Kita Semua.
Diketahui Oleh
Riau, Januari 2021
Kepala PAUD/TK Guru Kelompok A...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) DARING
BELAJAR DI RUMAH
PAUD – TK...........................................
Semester / Bulan / Minggu : II / Januari / II (Ke dua)
Tema : Rekreasi
Sub Tema : Manfaat
Rekreasi dan Perlengkapan Rekreasi
Sub
sub tema : Manfaat untuk tubuh, Menfaat pengetahuan, Perlengkapan
pakaian, perlengkapan makanan.
Kelompok : A
(usia 4-5 Tahun )
Aspek Perkembangan |
KD |
Materi |
Kegiatan Main |
Nilai Agama
dan Moral |
1.2 |
Menghargai lingkungan |
Aku bisa
menyampaikan bagaimana cara menjaga lingkungan saat sedang rekreasi. |
3.1-4.1 |
Melaksanakan Kegiatan beribadah
dibimbing orang dewasa |
Aku sudah
bisa mencoba mengulang kembali membaca do’a akan bepergian |
|
Fisik Motorik |
3.3-4.3 |
Kemampuan
Motorik Kasar Kemampuan
Motorik Halus |
Senangnya
menirukan gerakan sedang berenang |
Lihatlah aku
bisa menggambar perlengkapan rekreasi |
|||
Kognitif |
3.6-4.6 |
Mengenal bilangan |
Senangnya
menghitung jumlah peralatan yang digunakan dalam membuat pakaian rekreasi. |
3.9-4.9 |
Menggunakan
teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas |
Lihatlah, aku
bersama ibu mencipta bentuk pakaian yang dipergunakan untuk rekreasi
menggunakan bahan bekas yang ada di rumah. |
|
Sosial
Emosional |
2.6 3.13-4.13 |
Memahami
peraturan dan disiplin |
Aku sudah
terbiasa merapikan peralatan ketika selesai menggunakannya dalam membuat karya. |
Mengendalikan
perasaan |
Dengarlah,
Aku akan menyebutkan tempat rekreasi yang belum dan ingin kukunjungi. |
||
Bahasa |
3.10-4.10 |
Menceritakan
kembali yang sudah di dengar |
Aku berdiskusi bersama Ibu menyebutkan
perlengkapan yang digunakan untuk rekreasi dan menyampaikan manfaat rekreasi |
|
3.12-4.12 |
Meniru
menuliskan huruf |
Lihatlah, Aku
sudah bisa meniru menuliskan perlengkapan rekreasi yang kukenal. |
Seni |
2.4 3.15-4.15 |
Menggunakan dialog dan perilaku dalam menceritakan sesuatu |
Lihatlah aku
bisa menunjukkan cara berpakaian ketika rekreasi sesuai tempat yang
dikunjungi. |
Memilih jenis lagu yang disukai |
Senangnya
menyanyikan lagu tentang rekreasi yang kusukai |
Riau, Januari 2021
Mengetahui Guru Kelompok A
Kepala PAUD - TK
Bunda nani yang sangat baik trimakasih izin save,semoga bunda selalu diberikan kesehatan,Aamiin Yrb 🙏
ReplyDeleteTrimakasih banyak bunda untuk prkembangan kelompk A ikt d sertakan.ilmu yang bunda sampaikn sangat bermanfaat bagi kami,barokallah bunda semga Allah mmbalas kebaikn bunda.Aamiin yrb..slm kami dari teman seperjuangan IGTKI Madiun JATIM🙏
ReplyDeleteTerimah kasih untuk perkembangan kelompok a
ReplyDeleteTrimakadih bunda atas perkembangan klp B,rtms atas ilmu yg di bagikn,n klu bisa bunda bgi gimna tujuan dri rencana pembelajaran dri tema rekreasi trsbt. Trimk
ReplyDelete