RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) DARING
BELAJAR DI RUMAH
PAUD – TK...........................................
Semester / Bulan / Minggu : II / Maret /X (Ke Sepuluh)
Tema : AIR,
API dan UDARA
Sub Tema : AIR
Sub sub tema : Macam-macam sumber air, manfaat dan bahaya air,
sifat-sifat air.
Kelompok : B
(usia 5-6 Tahun )
Aspek Perkembangan |
KD |
Materi
|
Kegiatan Main |
Nilai Agama
dan Moral |
1.1 |
Mengenal Ciptaan-ciptaan Tuhan |
Senangnya
berdiskusi mengenai kekuasaan Allah
menciptakan sumber atau mata air. |
3.1-4.1 |
Melaksanakan Kegiatan beribadah
dibimbing orang dewasa |
Senangnya
mengulang kembali membaca do’a kedua orang tua dan doa kebaikan dunia
akhirat. |
|
Fisik Motorik |
3.3-4.3
|
Kemampuan Motorik Kasar
Kemampuan Motorik Halus |
Senangnya
bermain berlari membawa air di dalam botol dan memasukkan ke dalam wadah yang
besar. |
Asyiknya
mengisi air ke dalam wadah wadah kecil (botol, toples, dll) menggunakan
corong. |
|||
Kognitif |
2.2
3.6-4.6 |
Membiasakan
eksploratif |
Senangnya
bermain pencampuran warna menggunakan berbagai wadah |
Mengelompokkan berdasarkan warna. |
Lihatlah aku bisa
mengelompokkan wadah yang warna airnya sama. |
||
Sosial
Emosional |
2.9
2.12
|
Cara
menawarkan bantuan kepada guru. |
Senangnya
membantu ibu membersihkan kamar mandi. |
Pentignya
bertanggung jawab |
Aku senang
membereskan semua peralatan yang telah dipergunakan dalam bermain air. |
||
Bahasa |
3.12-4.12 |
Hubungan
bunyi dan huruf
|
Senangnya
meniup atau bersuara di atas air dalam wadah kemudian menyebutkan bunyinya
lalu menuliskan huruf sesuai bunyinya. |
|
3.12-4.12 |
Menuliskan fikiran
meskipun masih terbalik/tidak lengkap.
|
Asyik, Aku
sudah bisa menuliskan nama sumber mata air yang sudah pernah kudengar. |
Seni |
3.15-4.15 |
Menampilkan karya tangan
|
Lihatlah aku
menggambar bantuk air yang sudah kubuat mencampur warna tadi. |
Menampilkan aktifitas seni dan seni suara |
Senangnya
bernyanyi dengan judul tentang air. |
Riau, Maret 2021
Mengetahui Guru
Kelompok B
Kepala PAUD - TK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) DARING
BELAJAR DI RUMAH
PAUD – TK...........................................
Semester / Bulan / Minggu : II / Maret /X (Ke Sepuluh)
Tema : AIR,
API dan UDARA
Sub Tema : AIR
Sub sub tema : Macam-macam sumber air, manfaat dan bahaya air,
sifat-sifat air.
Kelompok : A
(usia 4-5 Tahun )
Aspek Perkembangan |
KD |
Materi
|
Kegiatan Main |
Nilai Agama
dan Moral |
3.2. |
Mengetahui
agama yang dianut. |
Alhamdulillah,
senangnya berdiskusi mengenai Tuhan dalam agama kita adalah yang menciptakan sumber mata air. |
3.1-4.1 |
Melaksanakan Kegiatan beribadah
dibimbing orang dewasa |
Senangnya
mengulang kembali membaca do’a kedua orang tua dan doa kebaikan dunia
akhirat. |
|
Fisik Motorik |
3.3-4.3
|
Kemampuan Motorik Kasar
Kemampuan Motorik Halus |
Senangnya
bermain berjalan membawa air di dalam botol dan memasukkan ke dalam wadah
yang besar. |
Asyiknya
mengisi air ke dalam wadah wadah kecil (botol, toples, dll) menggunakan
corong. |
|||
Kognitif |
2.2
3.6-4.6 |
Mengamati
benda dengan rasa ingin tahu |
Senangnya
bermain pencampuran warna bersama dengan ibu/ |
Mengetahui konsep banyak sedikit |
Aku bisa menunjukkan
air yang ukurannya banyak dan ukuran yang sedikit. |
||
Sosial
Emosional |
2.8
2.12
|
Mau menolong |
Senangnya
membantu ibu membersihkan kamar mandi. |
Menjaga
lingkungan |
Aku senang
membereskan semua peralatan yang telah dipergunakan dalam bermain air. |
||
Bahasa |
3.12-4.12 |
Mengenal
suara-suara
|
Senangnya
meniup atau bersuara di atas air dalam wadah kemudian menyebutkan huruf dan bunyinya
|
|
3.12-4.12 |
Membuat
coretan yang bermakna
|
Asyik, Aku
sudah bisa meniru menuliskan nama sumber mata air yang sudah pernah kudengar. |
Seni |
3.15-4.15 |
Menggambar objek disekitar.
|
Lihatlah aku
menggambar bantuk air yang sudah kubuat mencampur warna tadi. |
Mengekspresikan gerakan dengan irama yang sesuai |
Senangnya
bernyanyi dengan judul tentang air. |
Riau, Maret
2021
Mengetahui Guru
Kelompok A
Kepala PAUD - TK
RPPM MINGGU 10 TEMA AIR KELOMPOK A DAN B TK (PAUD) dapat di unduh disini
No comments:
Post a Comment