Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Salam Sejahtera Buat Kita Semua
Minggu ke 7 ini Tema
Bermain Kita bersama Ananda Di Rumah adalah : “Pekerjaan“ dengan Sub
Tema “Tempat bertugas / bekerja, Alat Perlengkapan dan Manfaat” Melalui Tema ini kita dapat
mengembangkan :
·
Mengerti batasan yang boleh dan tidak boleh
dilakukan.
·
Melaksanakan Kegiatan beribadah
dibimbing orang dewasa
·
Kemampuan Motorik Kasar
·
Kemampuan Motorik Halus
·
Mengenal fungsi suatu benda.
·
Mengenal tempat umum .
·
Memahami Aturan bermain
·
Mengerjakan
sesuatu hingga tuntas.
·
Menceritakan
kembali apa yang udah di dengar.
·
Menuliskan
fikiran meskipun masih terbalik/tidak lengkap.
·
Menampilkan
karya tangan.
·
Menampilkan
aktifitas seni dan seni suara
Kegiatan yang bisa dipilih minggu ke 7 ini adalah :
1. Senangnya berdisuksi dengan Ibu tentang
bagaimana cara yang benar dalam menggunakan peralatan pekerjaan Ayah/ibu
2. Aku bisa mengulang kembali bacaan surat
al-kafirun.
3. Senangnya bermain tarik tambang berama
dengan keluarga (adik atau kakak)
4. Senangnya membuat bangunan tempat
pekerjaan/ profei yang ku ketahui menggunakan peralatan bekas dan bahan alam
yang ada di sekitar rumah.
5. Aku bisa menyebutkan fungsi alat
perlengkapan bekerja dari masing-masing
pekerjaan yang ada sekitar tempat
tinggalku.
6. Dengarlah, Aku bisa menyampaikan kembali
nama tempat bekerja dari maing-maing pekerjaan yang ku ketahui.
7. Bergembira bermain tebak bilangan atau
hitungan menggunakan jari tangan bersama dengan Ibu.
8. Lihatlah Aku bisa menyelesaikan karyaku
pada tema ini sampai selesai.
9. Dengarlah Aku bisa menyampaikan kembali
manfaat dari masing-masing pekerjaan yang kuketahui.
10. Senangnya mencoba menuliskan nama
pekerjaan yang sudah kuketahui.
11. Lihatlah , Aku bisa menggambar bentuk peralatan yang digunakan ayah/ibu
bekerja.
12. Senangnya bermain tepuk Pak Polisi
bersama dengan Keluarga.
Silahkan dipilih kegiatan bermain yang akan dilakukan oleh
ananda terlebih dahulu. Bunda bisa memilih 1(satu) kegiatan main untuk 1 (satu)
hari.
Jika ananda belum tertarik, bunda silahkan beri ananda
semangat dan berikan dorongan agar anak berminat untuk melakukan kegiatan
pilihan main.
Namun bila ananda menginginkan kegiatan lain silahkan
berikan kesempatan menentukan minatnya
agar belajar melalui bermain menjadi menyenangkan. Tolong amati, foto, videokan
atau catat kegiatan bermain ananda lalu kirim ke Group Kelas untuk Catatan
Perkembangan Ananda.
Terima Kasih Ayah/ Bunda.
Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Salam Sejahtera Buat Kita Semua.
Diketahui Oleh Riau, Januari 2021
Kepala PAUD/TK Guru
Kelompok B...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) DARING
BELAJAR DI RUMAH
PAUD – TK...........................................
Semester / Bulan / Minggu : II / Februari / VII (Ke Tujuh)
Tema : Pekerjaan/profesi
Sub Tema : Tempat bertugas /
bekerja, Alat Perlengkapan dan Manfaat
Sub sub tema : Guru di sekolah, Dokter di rumah sakit, dll, Petani
menggunakan cangkul, penjahit menggunakan mesin jahit, dll, Dokter menyemuhkan
orang sakit, polisi menjaga kelancaran jalan,dll.
Kelompok : B
(usia 5-6 Tahun )
Aspek Perkembangan |
KD |
Materi
|
Kegiatan Main |
Nilai Agama
dan Moral |
2.13 |
Mengerti
batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan. |
Senangnya
berdisuksi dengan Ibu tentang bagaimana cara yang benar dalam menggunakan
peralatan pekerjaan Ayah/ibu |
3.1-4.1 |
Melaksanakan Kegiatan beribadah
dibimbing orang dewasa |
Aku bisa mengulang
kembali bacaan surat al-kafirun.
|
|
Fisik Motorik |
3.3-4.3 |
Kemampuan Motorik Kasar
Kemampuan Motorik Halus |
Senangnya
bermain tarik tambang berama dengan keluarga (adik atau kakak) |
Senangnya
membuat bangunan tempat pekerjaan/ profei yang ku ketahui menggunakan
peralatan bekas dan bahan alam yang ada di sekitar rumah.
|
|||
Kognitif |
3.6-4.6 |
Mengenal
fungsi suatu benda |
Aku bisa
menyebutkan fungsi alat perlengkapan
bekerja dari masing-masing pekerjaan yang ada sekitar tempat tinggalku. |
3.7-4.7 |
Mengenal tempat umum .
|
Dengarlah,
Aku bisa menyampaikan kembali nama tempat bekerja dari maing-maing pekerjaan
yang ku ketahui. |
|
Sosial
Emosional |
2.6
2.12
|
Memahami Aturan
bermain |
Bergembira
bermain tebak bilangan atau hitungan menggunakan jari tangan bersama dengan
Ibu. |
Mengerjakan
sesuatu hingga tuntas. |
Lihatlah Aku
bisa menyelesaikan karyaku pada tema ini sampai selesai |
||
Bahasa |
3.11-4.11 |
Menceritakan
kembali apa yang udah di dengar.
|
Dengarlah Aku
bisa menyampaikan kembali manfaat dari masing-masing pekerjaan yang
kuketahui.
|
|
3.12-4.12 |
Menuliskan
fikiran meskipun masih terbalik/tidak lengkap.
|
Senangnya
mencoba menuliskan nama pekerjaan yang sudah kuketahui. |
Seni |
3.15-4.15 |
Menampilkan karya tangan
|
Lihatlah ,
Aku bisa menggambar bentuk peralatan
yang digunakan ayah/ibu bekerja. |
Menampilkan aktifitas seni dan seni suara |
Senangnya
bermain tepuk Pak Polisi bersama dengan Keluarga. |
Riau, Februari 2021
Mengetahui Guru
Kelompok B
Kepala PAUD - TK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) DARING
BELAJAR DI RUMAH
PAUD – TK...........................................
Semester / Bulan / Minggu : II / Februari / VII (Ke Tujuh)
Tema : Pekerjaan/profesi
Sub Tema : Tempat bertugas / bekerja,
Alat Perlengkapan dan Manfaat
Sub sub tema : Guru di sekolah, Dokter di rumah sakit, dll, Petani
menggunakan cangkul, penjahit menggunakan mesin jahit, dll, Dokter menyemuhkan
orang sakit, polisi menjaga kelancaran jalan,dll.
Kelompok : A
(usia 4-5 Tahun )
Aspek Perkembangan |
KD |
Materi
|
Kegiatan Main |
Nilai Agama
dan Moral |
3.2-4.2 |
Mengenal
perilaku baik |
Senangnya
berdisuksi dengan Ibu tentang bagaimana cara yang benar dalam menggunakan
peralatan yang dipergunakan Ayah/ibu bekerja. |
3.1-4.1 |
Melaksanakan Kegiatan beribadah
dibimbing orang dewasa |
Aku bisa mengulang
kembali bacaan surat al-kafirun.
|
|
Fisik Motorik |
3.3-4.3 |
Kemampuan Motorik Kasar
Kemampuan Motorik Halus |
Senangnya
bermain tarik tambang berama dengan keluarga (adik atau kakak) |
Senangnya
membuat bangunan tempat pekerjaan/ profesi yang ku ketahui menggunakan
peralatan bekas dan bahan alam yang ada di sekitar rumah bersama dengan Ibu.
|
|||
Kognitif |
3.6-4.6 |
Mengenal benda
berdasarkan fungsi |
Senangnya
bermain tebak fungsi alat perlengkapan
bekerja dari masing-masing pekerjaan yang ada sekitar tempat tinggalku bersama Ibu. |
3.7-4.7 |
Mengenal pola kegiatan.
|
Dengarlah,
Aku bisa menyampaikan jadwal bekerja Ayah/Ibu |
|
Sosial
Emosional |
2.6
2.12
|
Memahami Aturan yang berlaku dalam suatu permainan |
Bergembira
bermain tebak bilangan atau hitungan menggunakan jari tangan bersama dengan
Ibu. |
Memiliki
sikap gigih. |
Lihatlah Aku
bisa menyelesaikan karyaku pada tema ini sampai selesai |
||
Bahasa |
3.11-4.11 |
Mengulang
kalimat sederhana
|
Dengarlah Aku
bisa menyampaikan kembali salah satu manfaat pekerjaan yang kuketahui.
|
|
3.12-4.12 |
Meniru
menulsikan huruf
|
Senangnya meniru
menuliskan nama salah satu pekerjaan
yang sudah kuketahui. |
Seni |
3.15-4.15 |
Menaggambar objek disekitarnya.
|
Lihatlah ,
Aku bisa menggambar satu peralatan
yang digunakan ayah/ibu bekerja. |
Menggunakan imajinasi untuk mencerminkan perasaan. |
Senangnya
bermain tepuk Pak Polisi bersama dengan Keluarga. |
Riau, Februari 2021
Mengetahui Guru
Kelompok A
Kepala PAUD - TK
RPPM MINGGU 7 KELAS A DAN B SUBTEMA TEMPAT , ALAT DAN MANFAAT PEKERJAAN DAPAT DI DOWNLOAD DISINI
No comments:
Post a Comment