RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
BDR
PAUD-TK..........................................T.P
2020-2021
Tema/Sub Tema : Diri Sendiri /Tubuhku
Sub-sub tema/materi
pokok : Macam-macam
tekstur
Kelompok : B (Usia 5-6 tahun)
Hari/Tanggal : .....................................................
Sentra
/KELOMPOK/AREA :......................................................
Kompetensi
Dasar : NAM
(2.1,3.1-4.1), FM (3.3.-4.3) BHS (
3.10-4.10,3.12-4.12) KOG (2.1, 3.6-4.6) SN (3.15-4.15), SE (2.5),
1.
MUATAN/ MATERI
PEMBELAJARAN
·
Mengenal bahwa Allah sebagai pencipta tekstur suatu benda (NAM 2.1)
·
Merespons dengan tepat saat mendengar cerita (video pembelajaran) (BHS
3.10.2)
·
Berdoa sebelum melakukan
dan sesudah melakukan kegiatan (NAM 4.1.1)
·
Melakukan kegiatan pengembangan motorik halus (FM 4.3.13)
·
Mengenal benda-benda disekitarnya (tekstur) (KG 3.6.1)
·
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif. (KG 2.1)
·
Memiliki perilaku yang memncerminkan sikap percaya diri (SE 2.5.2)
·
Membuat berbagai hasil karya dan aktifitas seni (SN 4.15.1)
·
Menunjukkan kemampuan kegiatan keaksaraan awal (BHS 4.12.7)
2.
TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Anak dapat mengenal bahwa Allah sebagai pencipta tekstur suatu benda
·
Anak mampu merespons dengan tepat saat mendengar cerita (video
pembelajaran)
·
Anak dapat
membiasakan kegiatan berdoa
·
Anak dapat melakukan kegiatan pengembangan motorik
halus
·
Anak dapat mengenal benda-benda disekitarnya (tekstur)
·
Anak mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap kreatif.
·
Anak terbiasa percaya diri
·
Anak dapat membuat berbagai hasil
karya dan aktifitas seni
·
Anak dapat melakukan kegiatan keaksaraan awal.
3.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
1.
Melihat tayangan video pembelajaran penjelasan materi
2.
Melihat tayangan video penjelasan pilihan main.
3.
Berdoa sebelum Kegiatan
4.
Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan .
INTI
1.
Senangnya dapat menyebutkan tekstur benda-benda yang ditemukan di dalam
rumah dan sekitar.
2.
Asyik..Aku bisa membuat membuat bangunan/bentuk dengan
benda-benda sudah kutemukan tadi.
3.
Senangnya menghias bangunanku dengan perkakas yang ada di
sekitarku.
4.
Aku bisa menyampaikan bentuk apa yang telah kubuat.
5.
Lihatlah, Aku bisa menuliskan jumlah benda-benda yang kupergunakan
dalam membuat bangunan .
PENUTUP
1.
Tanya jawab (refleksi) pelaksanaan
kegiatan yang telah dilakukan.
2.
Merapikan mainan/benda yang telah dipergunakan.
3.
Melaporkan hasil kegiatan (Dokumentasi)
4.
Berdo’a
4.
ALAT
DAN BAHAN
·
Video penjelasan materi pembelajaran
·
Video penjelasan kegiatan pilihan main
·
Benda-benda yang da di rumah dan sekitar
·
Kertas/buku, pensil
·
Alat Dokumentasi
5.
RENCANA
PENILAIAN
Pengetahuan : Anak
mengerti tentang benda kasar
Keterampilan :
Kemampuan anak dalam mencipta bangunan/bentuk serta aksesoris
Sikap :
Percaya diri, rasa ingin tahu, tanggung jawab menyelesaikan kegiatan.
Portofolio : Foto
hasil karya, Video kegiatan , video refleksi anak dan orangtua, Catatan
lainnya.
Tekhnik Penilaian :
· Observasi,
hasil karya ( dokumentasi portofolio)
· Cheklist
Riau,........................
Kepala TK/PAUD Guru Kelompok B
Mboten wonten link ipun untuk download
ReplyDeletemantap bunda. tq bun atas ilmu nya izin share ya bun.
ReplyDeleteterima kasih bu
ReplyDeleteTerimakasih ilmunya bunda 🙏🙏🙏
ReplyDeleteTerima kasih ilmu nya bunda...
ReplyDeleteTerimakasih ilmu nya bunda, semoga sehat selalu dan terus berkarya dengan inovasi dan menjadi motivator sukses selalu bundanani
ReplyDeleteSangat bermanfaat sekali bunda Nami,tks bunda
ReplyDeleteTrimakasih bnyak untuk ilmu ilmu nya bunda semoga bermanfaat
ReplyDeleteTerima kasih bunda ilmunya, sangat bermanfaat
ReplyDeleteAssalamu'alaikum bunda Nani Ats ilmunya,maaf bunda mau tanya apakah rpph itu misal tema diri sendiri itu di tahun" brikutnya sama inti pmbelajarannya??
ReplyDelete