Wednesday, September 23, 2020

RPPH -BDR- DARING TERBARU 2020

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)

 BDR

PAUD-TK..........................................T.P 2020-2021

Tema/Sub Tema           : Diri Sendiri /Tubuhku                                                                                                                                                                              

Sub-sub tema/materi pokok    : Macam-macam tekstur

Kelompok                               : B (Usia 5-6 tahun)                                                  

Hari/Tanggal                           : .....................................................   

Sentra /KELOMPOK/AREA :......................................................   

Kompetensi Dasar                    : NAM (2.1,3.1-4.1),  FM (3.3.-4.3) BHS ( 3.10-4.10,3.12-4.12) KOG (2.1, 3.6-4.6) SN (3.15-4.15), SE (2.5),

      

1.        MUATAN/ MATERI PEMBELAJARAN

·           Mengenal bahwa Allah sebagai pencipta tekstur suatu benda (NAM 2.1)

·           Merespons dengan tepat saat mendengar cerita (video pembelajaran) (BHS 3.10.2)

·           Berdoa sebelum melakukan dan sesudah melakukan kegiatan  (NAM 4.1.1)

·           Melakukan kegiatan pengembangan motorik halus (FM 4.3.13)

·           Mengenal benda-benda disekitarnya (tekstur) (KG 3.6.1)

·           Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif. (KG 2.1)

·           Memiliki perilaku yang memncerminkan sikap percaya diri (SE 2.5.2)

·           Membuat berbagai hasil karya dan aktifitas seni (SN 4.15.1)

·           Menunjukkan kemampuan kegiatan keaksaraan awal (BHS 4.12.7)

 

2.        TUJUAN  PEMBELAJARAN

 

·         Anak dapat mengenal bahwa Allah sebagai pencipta tekstur suatu benda

·         Anak mampu merespons dengan tepat saat mendengar cerita (video pembelajaran)

·         Anak dapat membiasakan kegiatan berdoa

·         Anak dapat melakukan kegiatan pengembangan motorik halus

·         Anak dapat mengenal benda-benda disekitarnya (tekstur)

·         Anak mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap kreatif.

·         Anak terbiasa  percaya diri

·         Anak dapat  membuat berbagai hasil karya dan aktifitas seni

·         Anak dapat melakukan kegiatan keaksaraan awal.

 

 

3.        LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

PEMBUKA

1.        Melihat tayangan video pembelajaran penjelasan materi

2.        Melihat tayangan video penjelasan pilihan main.

3.        Berdoa sebelum Kegiatan

4.        Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan .

INTI

1.        Senangnya dapat menyebutkan  tekstur benda-benda yang ditemukan di dalam rumah dan sekitar.

2.        Asyik..Aku bisa membuat membuat bangunan/bentuk dengan benda-benda sudah kutemukan tadi.

3.        Senangnya menghias bangunanku dengan perkakas yang ada di sekitarku.

4.        Aku bisa menyampaikan bentuk apa yang telah kubuat.

5.        Lihatlah, Aku bisa menuliskan jumlah benda-benda yang kupergunakan dalam membuat bangunan .

PENUTUP  

1.    Tanya jawab (refleksi)  pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan.

2.    Merapikan mainan/benda yang telah dipergunakan.

3.    Melaporkan hasil kegiatan (Dokumentasi)

4.    Berdo’a

 

4.        ALAT DAN BAHAN

·           Video penjelasan materi pembelajaran

·           Video penjelasan kegiatan pilihan main

·           Benda-benda yang da di rumah dan sekitar

·           Kertas/buku, pensil

·           Alat Dokumentasi

 

5.        RENCANA PENILAIAN

Pengetahuan         : Anak mengerti tentang benda kasar

Keterampilan        : Kemampuan anak dalam mencipta bangunan/bentuk serta aksesoris

Sikap                    : Percaya diri, rasa ingin tahu, tanggung jawab menyelesaikan kegiatan.

Portofolio             : Foto hasil karya, Video kegiatan , video refleksi anak dan orangtua, Catatan lainnya.

Tekhnik Penilaian :

·       Observasi, hasil karya  ( dokumentasi portofolio)

·       Cheklist

 

 

                                                                                                                      Riau,........................

            Kepala TK/PAUD                                                                            Guru Kelompok B

 

10 comments:

  1. Mboten wonten link ipun untuk download

    ReplyDelete
  2. mantap bunda. tq bun atas ilmu nya izin share ya bun.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih ilmunya bunda 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  4. Terima kasih ilmu nya bunda...

    ReplyDelete
  5. Terimakasih ilmu nya bunda, semoga sehat selalu dan terus berkarya dengan inovasi dan menjadi motivator sukses selalu bundanani

    ReplyDelete
  6. Sangat bermanfaat sekali bunda Nami,tks bunda

    ReplyDelete
  7. Trimakasih bnyak untuk ilmu ilmu nya bunda semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Terima kasih bunda ilmunya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Assalamu'alaikum bunda Nani Ats ilmunya,maaf bunda mau tanya apakah rpph itu misal tema diri sendiri itu di tahun" brikutnya sama inti pmbelajarannya??

    ReplyDelete